Pentingnya Fungsi Masjid di Indonesia

Pentingnya Fungsi Masjid di Indonesia

Masjid seperti yang kita ketahui secara umum merupakan sebuah bangunan yang hampir ada di setiap penjuru kota di Indonesia. Bahkan hampir di setiap tempat wisata, tempat kerja, atau tempat perbelanjaan kini sudah menyediakan bangunan masjid atau mushola yang memiliki harga kubah galvalum berbagai macam yang digunakan sebagai sarana tempat peribadatan bagi mereka yang memeluk agama islam.

Akan tetapi fungsi masjid di Negara Indonesia bukan hanya sebagai tempat khusus untuk peribadatan, masjid juga memiliki banyak fungsi lain. Fungsi dari masjid tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai Simbol Agama

Pada dasarnya tempat-tempat khusus yang dibangun untuk sarana peribadatan seperti halnya gereja untuk umat beragama Kristen Protestan dan Katolik, pura untuk umat beragama Hindu, Vihara untuk umat beragama Budha Klenteng untuk umat beragama Kong Hu Cu, atau masjid untuk umat beragama Islam, memiliki fungsi dasar sebagai sebuah simbol keagamaan dari masing-masing agama pada suatu daerah.

Contohnya saja di daerah yang dominan dihuni oleh umat beragama hindu, maka akan banyak dibangun pura di daerah tersebut. Begitu juga dengan bangunan masjid dan harga kubah galvalum nya, khususnya di Negara Indonesia yang merupakan salah satu Negara dengan pemeluk Islam terbanyak di dunia, keberadaan masjid yang masih terus digunakan dan dijaga menjadi salah satu simbol bahwa umat islam di Indonesia sangat banyak dan terus berkembang.

  1. Sebagai Sekolah, Tempat Pendidikan, dan Tempat Berdiskusi

Masjid sering disebut juga sebagai Rumah Allah dimana di dalamnya mengandung berjuta kebaikan dan akan dijaga oleh Allah. Karena itu masjid sering juga dijadikan sebagai sebuah tempat menimba ilmu, diskusi para ulama atau pemuka agama, dan sering juga dijadikan sebagai tempat untuk mengajarkan agama seperti halanya pada anak kecil dengan membuat Taman Pendidikan Al-Quar’an/Qur’an (TPA/TPQ) yang sudah banyak sekali dibentuk di Indonesia.

Selain itu di masjid juga sering diadakan acara pengajian bersama, acara syukuran, prosesi ijab khobul, atau juga tempat santunan sosial dimana semuanya dilakukan dengan tujuan baik dan untuk beribadah kepada Allah. Dari banyaknya acara keagamaan dan sosial yang bisa dilakukan di dalam masjid, tentunya masjid juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk meningkatkan motivasi dan membangkitkan kekuatan ruhaniyah dan iman umat islam.

  1. Sebagai Pusat kebudayaan Islam

Selain berperan penting sebagai simbol keagamaan dan juga sebagai tempat untuk peribadatan bagi masyarakat, peran masjid yang lain adalah sebagai pusat kebudayaan islam. Hal tersebut memang meliputi setiap bidang kehidupan dan masjid dapat mencerminkan cara kehidupan islam yang lengkap. Karena itu dengan adanya masjid di dekat pemukiman kita, kita bisa dengan mudah melestarikan setiap kebudayaan islam seperti halnya melakukan pengajaran Alqur’an, mengadakan pengajian, dan terutama sebagai tempat untuk melaksanakan sholat berjama’ah lima waktu.

Keberadaan masjid di suatu tempat terutama di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi manfaat dan pentingnya. Terutama karena kita bisa lebih mudah dalam mengetahui waktu sholat wajib, melaksanakan sholat berjama’ah, dan juga menimba ilmu dari setiap kegiatan keagamaan yang dilakukan di dalamnya. Klik disini untuk info terbaru harga kubah galvalum.