Mengenang Masa Kubah Masjid Raya Al-Karim

Mengenang Masa Kubah Masjid Raya Al-Karim

Hai hai hai Sahabat Beriman dimana puna anda berada , Apa kabar nih kalian semua sahabat sahabat yang beriman , semua sehat sehat bukan. Syukurlah kalo semua sehat sehat semua. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Kubah Masjid Raya Al-Karim. Seperti yang semua orang tau Kubah Masjid merupakan tempat ibadah umat islam si seluruh dunia. Tak terkecuali indonesia , negara kita sendiri. Entah itu dari Sabang sampai merauke pasti ada Kubah Masjid karna mayoritas orang indonesia memeluk agama islam. Kubah Masjid Raya Al-Karim atau Kubah Masjid Raya Koto Kaciak adalah sebuah Kubah Masjid yang berada atau terletak di Nagari Koto Kaciak , Kecamatan Tanjung Raya , Kabupaten Agam , Sumatera Barat , Indonesia.

Menurut kabar , Kubah Masjid Raya Al-Karim ini Tidak ada data yang pasti mengenai tahun berapa sebetulnya Kubah Masjid ini dibangun. Menurut Dari beberapa informasi yang ada, banyak diketahui pada pertengahan abad ke-17 telah berdiri sebuah Kubah Masjid yang pada awalnya digunakan bersama oleh masyarakat Nagari Koto Kaciak dan Koto Gadang di Gobah, Koto Gadang. Namun, sejak Kubah Masjid itu roboh, kedua desa mulai membangun Kubah Masjid sendiri, yaitu Kubah Masjid Raya Koto Kaciak dan Kubah Masjid Jamik Koto Gadang. Kedua Kubah Masjid tersebut dibangun dengan arsitektur yang sama, yang semula beratapkan ijuk. Dalam perkembangannya, Kubah Masjid Raya Koto Kaciak mengalami beberapa renovasi, seperti pada tahun 1972, Kubah Masjid ini direnovasi dan dijadikan dua lantai.

Namun Pada tahun 2009, gempa bumi hebat berkekuatan 7,9 SR yang menjangkau sejumlah kawasan di Sumatera Barat mengakibatkan 608 unit tempat ibadah rusak berat karna terlalu dahsyat gempa bumi tersebut. termasuk juga merobohkan Kubah Masjid Raya Al-Karim ini sehingga tidak dapat digunakan lagi. Akan tetapi Dengan biaya yang diperoleh dari bantuan masyarakat yang dikirimkan melalui Yayasan Satu Untuk Negeri dan beberapa sumbangan lainnya, alhamdulilah Kubah Masjid Raya Al-Karim ini dapat digunakan kembali pada Juli 2012 setelah semua tahapan pembangunan kembali selesai dikerjakan sebelumnya. Dengan penambahan beberapa menara dan perluasan tanah Kubah Masjid Raya Al-Karim.

Setelah di bangunya Kubah Masjid Raya Al-Karim ini , banyak masyarakat yang sangat antusias , sehingga hari pertama selesai pembangunan diadakan syukuran serta diadakan sholat sunah dua rokaat yang bertujuan untuk bertetima kasih ke pada allah atas semua karunianya dan juga ingat apa yang telah terjadi pada Kubah Masjid Raya Al-Karim ini bahwa kebesaran allah allah tiada tandingan. Dan setiap bulan juli juga selalu diadakn syukuran dan juga sholat sunah sebagai wujud rasa terima kasih kepada allah swt. Pada hari hari besar islam , Kubah Masjid Raya Al-Karim ini selalu ramai oleh para jamaah yang ingin menunaikan ibadah sholat.