Mampir Sejenak ke Kubah Masjid Bukittinggi

Mampir Sejenak ke Kubah Masjid Bukittinggi

Asalamualiakum Wr. Wb. hai kawan kawan semua dimana pun anda berada , Apa kabar nih kalian , semua sehat sehat bukan. Syukurlah kalo semua sehat sehat semua. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Arsitektur Kubah Masjid Raya Bayur. Seperti yang kita tau Kubah Masjid adalah tempat ibadah umat islam si seluruh dunia dan juga indonesia , negara kita sendiri. Di manapun kota atau daerahnya pasti ada Kubah Masjid karna mayoritas orang indonesia memeluk agama islam. Sebelum lanjut ke artikel Arsitektur Kubah Masjid Raya Bayur , saya jelaskan sedikit tentang Kubah Masjid Raya Bayur. Kubah Masjid Raya Bayur adalah salah satu Kubah Masjid  yang berada di Sumatera Barat yang terletak di Desa Bayur , kecamatan Tanjung Raya , kabupaten Agam. Letak Kubah Masjid Raya Bayur yang dibangun pada awal abad ke Р20 ini tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Lubuk Basung  yakni Ibu kota kabupaten Agam dengan kota Bukittinggi.

Arsitektur Kubah Masjid Raya Bayur ini memadukan bentuk pagoda yang ada di Thailand ( jadi berasa al al di thailand gitu ) dan sedangkan bentuk atap Kubah Masjid Raya Bayur seperti gonjong yang ada pada rumah adat Minangkabau yakni Rumah Gadang. Perpaduan atau percampuran tersebut dapat dilihat pada menara menara kecil yang terletak pada empat sudut atap bangunan utama Kubah Masjid Raya Bayur. Sementara struktur atap Kubah Masjid Raya Bayur dirancang mengikuti pola bangunan rumah panggung dengan atap bersusun tiga lapis. Pada ruang dalam Kubah Masjid Raya Bayur terpampang ornamen ornamen yang menarik. Pada bagian dinding Kubah Masjid Raya Bayur , misalnya , dilapisi dengan papan berukir indah yang dicat dengan komposisi warna bernuansa gelap gelap. Begitu juga dengan tiang-tiang penyangga Kubah Masjid Raya Bayur juga dilapisi dengan papan berukir indah yang dicat dengan komposisi warna bernuansa gelap gelap. Tiang – tiang yang terbuat dari tembok tersebut dihiasi dengan warna lembut nan kalem yang serasi dan selaras dengan dinding Kubah Masjid Raya Bayur.

Pada bagian depan Kubah Masjid Raya Bayur, ternyata terdapat ruang terbuka yang cukup luas yang dilengkapi dengan air mancur. Sementara pada bagian belakang ruangan Kubah Masjid Raya Bayur terdapat kolam ikan, dan di samping kiri kolam dan kanan kolam ikan tersebut terdapat tempat wudhu. Kubah Masjid Raya Bayur ini juga dilengkapi beberapa fasilitas pendukung , seperti tempat penitipan sandal dan sepatu , tempat wudu laki-laki dan tempat wudhu perempuan, serta area parkir yang cukup luas. Bagi jamaah yang ingin menunaikan ibadah shalat sunah , namun tidak membawa kelengkapannya , tenang , di dalam Kubah Masjid sudah disediakan beberapa sarung dan mukena.