Alat Kesehatan merupakan sebuah instrument yang sangat dibutuhkan di Rumah Sakit dan Klinik serta pusat pelayanan kesehatan lainnya. Alat kesehatan memiliki fungsi yang bermcam – macam. Kalau kita merujuk pada definisi alat kesehatan secara umum, ada beberapa funsi alat kesehatan yang bisa kita simpulkan di sana.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak pembaca sekalian untuk sedikit mengenal alat kesehatan yang secara khusus hanya memiliki fungsi tertentu. Memang ada beberapa jenis alat medis yang berfungsi secara spesifik seperti untuk penyakit jantung. Berikut beberapa alat kesehatan untuk penyakit jantung beserta penjelasannya.

1. EKG (Elektrokardiograf)

Di Rumah Sakit dan klinik hendaknya ada alat tersebut, apa fungsi alat ini. EKG (Elektrokardiograf) adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk pemeriksaan jantung khususnya untuk mendiagnosa kelainan pada aritma jantung. Alat ini bekerja dengan merekam detak jantung melalui elektroda yang ditempelkan pada dada pasien. Hasil pemeriksaan berupa grafik EKG pada kertas khusus yang berupa grafik tegangan terhadap waktu. Harga alat EKG sangat bervariasi mulai dari belasan juta hingga puluhan juta, bahkan ada juga yang hingga ratusan juta.

2. Defibrillator

Tahukah anda apa itu defibrillator ? Defibrillator adalah alat kejut jantung. Seseorang yang mengalami henti jantung karena berbagai hal seperti tenggelam, kecelakaan, atau serangan jantung mendadak membutuhkan sebuah pertolongan untuk mengembalikan detak jantung pada kondisi normalnya. Defibrillator berperan untuk itu. Ada dua jenis defibrillator yaitu manual (monitor) dan otomatis.

3. Pacemaker

Cardiac Pace maker merupakan implant yang dipasang pada jantung manusia. Hal ini berfungsi untuk mengontrol irama jantung yang tidak normal. Alat ini bekerja dengan memberikan stimulus eketrik energi rendah yang berfungsi sebagai pacu jantung. Alat ini dipasang melalui pembedahan untuk bisa memasukkan alat tersebut pada jantung.

Mungkin masih ada beberapa alat lain yang berfungsi untuk jantung. Anda bisa mencari informasinya sendiri dari internet atau anda bisa hubungi Distributor Alat Kesehatan terdekat dan atau anda bisa mencari informasi dari sumber yang lain seperti dari internet dan yang lainnya. Sekian dan terimakasih.