daun sirsak

Berikut adalah Kiat Mudah Budidaya Sirsak Agar Cepat Berbuah yang dipersembahkan oleh jual daun sirsak. Syarat menanam pohon sirsak agar cepat berbuah adalah menyiapkan senyawa hara cukup untuk kebutuhan nutrisi dan dengan perawatan yang benar, maka budidaya tanaman ini bisa dilakukan di rumah dengan syarat mempunyai pengetahuan yang baik tentang tanaman sirsak.

Sebenarnya, menanam sirsak lebih mudah dibandingkan dengan buah lain sebab bisa tumbuh subur di dataran rendah atau tinggi asalkan kebutuhan air bisa tercukupi.

Sirsak merupakan tanaman mudah untuk dibudidayakan sebab bisa ditanam dari biji, akan tetapi mungkin buahnya tidak akan sebesar induk pohonnya. Untuk mendapatkan bibit sirsak terbaik, kami memberikan solusi untuk anda yang sedang mencari bibit unggul untuk budidaya sirsak dengan harga yang terjangkau.

Beberapa bibit sirsak yang kami sediakan diantaranya adalah bibit sirsak madu, bibit sirsak manis dan juga bibit sirsak kuning dengan harga bersaing dan sudah siap untuk di tanam untuk budidaya sirsak.

Sebelum menanam, periksa tingkat keasaman lahan dan tingkat keasaman yang baik untuk pohon sirsak adalah 5.5 – 7 pH. Gemburkan tanah terlebih dahulu dan cabut berbagai tanaman yang akan mengganggu proses pertumbuhan pohon sirsak menggunakan cangkul.

Supaya bisa berbuah dengan cepat, maka tambahkan pupuk kandang sebanyak 15 kg pada setiap lubang yang dilakukan 12 minggu sebelum menanam. Sementara untuk ukuran lubang adalah 50 x 50 dan jika ingin menanam banyak, maka berikan jarak 4 sampai 5 meter tiap lubangnya.

Bibit sirsak yang sudah anda pesan pada kami kemudian di tanam pada lubang dan sebaiknya dilakukan saat musim hujan dengan kedalaman tanah 5 sampai 7 cm dan tutup namun tidak perlu dipadatkan tanahnya.

Lakukan penyiraman satu hari sekali, namun saat musin hujan maka penyiraman dilakukan 2 kali sehari supaya kelembapan bisa selalu terjaga. Sesudah berusia 1 bulan, bersihkan sekitar tanaman dari gulma supaya unsur hara pada tanah tidak cepat habis.

Sesudah masuk umur 4 bulan, maka dilakukan pemupukan berikutnya sebanyak 1 kg per tanaman. Saat masuk ke umur 8 bulan, maka pupuk tanaman kembali dengan dosis yang serupa.

Supaya cepat berbuah, pangkas secara teratur supaya bagian batang utama memperoleh gizi. Pangkas pada bagian cabang yang tidak beraturan dan menjadi pesaing bagi batang utama pohon sirsak  dan juga tunas airnya.  Apabila terlalu banyak cabang pada pohon sirsak yang anda tanam, maka pada bagian batang utamanya akan kekurangan nutrisi sehingga pohon ini akan lebih lama untuk berbuah.

Pastikan lahan menanam pohon sirsak selalu bersih khususnya pada bidang olah yang diikuti dengan menggemburkan tanah disekitar pohon sirsak tersebut.

Pohon sirsak biasanya akan tumbuh hingga ketinggian 7 meter. Namun jika pemangkasan dilakukan dengan rutin, maka tinggi pohon bisa hanya 3 meter dan sudah dapat berbuah dalam waktu singkat.

Hama Pengganggu Pohon Sirsak

  • Kutu sisik: Kutu ini sering menyerang tanaman buah seperti sirsak yang umumnya akan menempel pada bagian tanaman sirsak muda seperti ranting, tunas, bunga, buah dan daun muda. Hama ini akan menghisap cairan dari tanaman dan jika terlalu banyak, maka proses pertumbuhan pohon sirsak akan berhenti.
  • Kutu embun madu: Kutu yang mengeluarkan embun madu ini akan tumbuh pada bagian tanaman yang memiliki embun madu sehingga akan menimbulkan warna yang menghitam, sebab embun madu memiliki rasa manis yang disukai serangga.
  • Kutu betina Cerop/astes rubens: Kutu ini akan bertelur pada bagian bawah badan dan menetas dalam 2 hari lalu akan berpindah ke ranting mudah pohon sirsak khususnya pada bagian tulang daunnya yang tentunya akan sangat mengganggu proses budidaya sirsak yang anda lakukan.