Kebutuhan Bayi akan Cinta dan Kasih sayang

keterikatan yang kuat dan perasaan aman berada di dekat orang tua sangat penting untuk perkembangan bayi anda. Anda dapat membangun keterikatan dengan belajar membaca sinyal-sinyal yang diberikan oleh bayi Anda dan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menanggapi kebutuhan bayi Anda.

Cinta dan kasih sayang kepada bayi adalah kebutuhan dasar

Cinta dan kasih sayang kebutuhan mendasar yang  sebagai ikatan / bonding/kelekatan antara bayi dan pengasuh nya.

secure bounding berkembang sebagai balasan terhadap cinta kasih sayang dan perawatan yang tulus dan konsisten seorang bayi kepada orang yang mengasuhnya..  perasaan ini sensitif pada bulan-bulan pertama kehidupan bayi. Perasaan  Ini memberikan anak awal yang penting untuk perkembangan sosial, emosional dan kognitif yang sehat, membangun pondasi untuk rasa keamanan, keselamatan dan keterampilan untuk mengatasi suatu masalah dengan baik.

Seseorang mengalami perkembangan yang signifikan pada saat ia masih bayi dan perkembangan yang baik. itu merupakan pondasi yang diperlukan sa saat dia tumbuh dewasa. Hal yang sangat mempengaruhi si kecil adalah stimulasi yang diberikan oleh orang tua. Tidak melulu dari orang tua tapi juga dari orang-orang di sekitar bayi tersebut, orang-orang yang peduli terhadap bayi tersebut bisa jadi pengasuhnya pamannya, bibinya neneknya teman-teman orang tuanya dan lain sebagainya.

Cinta dan kasih sayang orang lain terhadap bayi tidak akan mempengaruhi cinta dan kasih sayang bayi terhadap orang tuanya. Hal tersebut menjadikan bayi untuk belajar bagaimana berinteraksi dan punya hubungan yang dekat dengan orang lain.

Bayi yang di rawat dengan kurang kepedulian dari orang-orang sekitarnya bisa menimbulkan masalah yang dapat memperlambat perkembangan bayi tersebut. Harus diperlakukan sebaik mungkin dalam merawatnya.

Untuk menunjukkan bahwa bayi-bayi tersebut membutuhkan perhatian, hal yang bisa dilakukan bayi misalnya

  • Tersenyum kepada anda atau membuat kotak mata ke dalam mata anda
  • Membuat suara suara kecil seperti berbisik atau tertawa
  • Menirukan gerakan anda
  • Terlihat tertarik
  • Menangis

Untuk menunjukkan bahwa bayi-bayi itu kurang tertarik mungkin Respon yang diberikan berbeda

  • Berpaling, menutup mata atau menguap
  • Mencoba Untuk menarik diri
  • Terlihat tegang atau gelisah, menangis

Menanggapi perilaku bonding/kelekatan yang terbentuk antara anak dengan orang tua juga orang sekitar

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas bonding adalah dengan cara menanggapi perilaku bayi terhadap orang-orang sekitar yang disebabkan karena kualitas bonding. Dan cara untuk membina serta mempengaruhi bonding adalah dengan cara memenuhi kebutuhan bayi.

Ketika bayi Anda mendapatkan apa yang dia butuhkan, seperti senyum, sentuhan atau berpelukanketika ia sedang butuh dipeluk,maka dia merasa aman. Dia tahu dia bisa bersantai, bermain, mengeksplorasi dan belajar lagi. Dengan cara ini, bonding/kelekatan merupakan pondasi  dasar untuk perkembangan yang sehat.

Ketika bonding/kelekatan yang ingin dibentuk  tidak diikuti oleh keyakinan, bayi kadang-kadang dapat merespon dengan perasaan takut  yang berlebihan dan menempel  kepada orang tua bahkan lebih. Sebagai contoh,hal ini bisa terjadi jika orang tua mendorong anak untuk menjadi ‘berani’ dan independen sebelum dia  benar-benar siap.

Beberapa kebutuhan bayi Anda tetap sama selama bertahun-tahun, termasuk kebutuhannya untuk banyak cinta dan perhatian, gizi yang baik, banyak tidur dan sebagainya. Beberapa kebutuhan ini akan berubah saat ia berkembang. Untuk ini para orang tua harus tanggap kemana arah perkembangan anak.

Membangun landasan aman untuk perkembangan bayi

Tips berikut dapat membantu Anda meningkatkan kualitas bonding/kelekatan sebagai pondasi untuk maksimalnya pertumbuhan dan perkembangan bayi.

  • Berikan kenyamanan ketika bayi sedang menangis atau marah. Jika orang tua datang untuk menghibur mereka, bayi belajar bahwa dunia itu aman, dan tangis mereka akan berkurang.
  • Luangkan waktu untuk bersama bayi Anda. Cobalah untuk belajar ‘membaca’ pesan-pesannya – bayi Anda.
  • Pikirkan tentang bayi sebagai individu yang terpisah, dengan kebutuhan dan perasaannya sendiri. Misalnya, berpikir tentang bagaimana bayi mungkin merasa ketika dia dijemput kemudian meletakkan di tempat lain tanpa diberitahu terlebih dahulu, atau apa yang ia rasakan jika ia diserahkan kepada orang asing. Berusahalah untuk bersikap lembut ketika memperkenalkan hal-hal baru dan orang-orang baru, dan biarkan bayi Anda tahu apa yang Anda akan lakukan sehingga dia belajar bahwa dunia itu menyenangkan.
  • Cobalah Melihat dunia dari perspektif bayi. Bayangkan apa yang dia lihat,bagaimana  perasaannya. Temukan apa yang benar-benar dia suka dan tidak suka.
  • Jadilah fleksibel. Pelajari apa yang berpengaruh positif untuk bayi Anda yang embuat dia merasa nyaman dan tidak ketakutan.
  • Memberikan kesempatan bayi Anda untuk berhasil melakukan suatu hal. Anda dapat mencoba untuk melakukan hal ini dengan menempatkan mainan dekat dengannya, di mana dia bisa memukulnya untuk membuat suara atau merangkak untuk mencapai itu.
  • Cari dukungan untuk diri sendiri yang bisa memberikan masukan-masukan positif untuk pengasuhan bayi secara fisik dan mental dengan baik. Dengan demikian, Anda akan lebih mampu memberikan cinta dan kenyamanan bayi Anda perlu untuk pelekatan/bonding yang lebih baik. Carilah seseorang yang bisa diajak sharing untuk berbicara hal-hal di atas, untuk mendorong Anda ketika Anda agar melakukannya  dengan lebih baik, dan untuk memberikan nasihat2 yang positif ketika ketika Anda membutuhkannya.
  • Anda adalah bagian paling penting dari kehidupan bayi Anda. Jadi rawatlah ia dengan kasih sayang yang berlimpah

Bonding  dan penyapihan/pemisahan

Selama  enam bulan pertama dalam hidup mereka, bayi mengembangkan bonding/kelekatan dengan orang tua/pengasuhnya,. Ini adalah proses yang alami dengan belajar untuk merasa aman di dunia ini, dan selanjutnya mereka akan segera beradaptasi dengan orang-orang baru. Jika bayi-bayi itu bersama dengan orang baru,Cobalah untuk memastikan bahwa bayi bunda mengetahui bahwa bunda berada di sekitar untuk menjaganya.

Pada usia ini, juga umum bagi bayi untuk menangis dan mengalami kecemasan takut perpisahan saat Anda meninggalkannya dengan orang lain.

Selama beberapa tahun berikutnya, bayi dan balita secara bertahap akan belajar mengatur perpisahan yang lebih lama dari orang yang dianggap special bagi mereka. Awalnya mereka ingin memeriksa bahwa Anda ada di sekitarnya – mereka bahkan mungkin mengikuti Anda ke toilet! Tapi ini semua adalah bagian dari proses membangun kepercayaan diri.

Pada usia tiga atau empat tahun, anak-anak biasanya bisa menghabiskan setengah hari atau lebih dengan orang-orang yang tidak dikenal (di luar lingkaran yang biasanya merawat mereka), tanpa merasa terganggu. Tapi beberapa anak butuh waktu yang lebih lama untuk beradaptasi. Itu tergantung pada temperamen dan pengalaman mereka.

Pemisahan tempat  tidur

Bayi yang telah tidur nyenyak selama enam bulan pertama atau mungkin mulai bangun di malam hari, atau mungkin tidak ingin tidur. Mereka bisa mengalami kecemasan untuk tidur tepisah dengan orang tua,

Beberapa orang tua khawatir ketika memisahkan tidur anak-anak dengan orang tua bahwa hal tersebut bisa merusak hubungan/bonding antara anak dengan orang tua., namun penelitian menunjukkan bahwa ketika strategi untuk mengatasi hal ini digunakan dengan tepat, tidak ada buktiyang menujukkan bahwa hal itu merusak hubungan dengan anak.

NEXT Bonding – in pictures