Jam Tidur Anak Yang Baik

Satu yang banyak ditanyakan terkait Jam  tidur anak-anak adalah mengapa anak-anak butuh tidur yang berkualitas? Berapa banyak atau berapa lama durasi yang dibutuhkan mereka untuk tidur?

anak tidur

Tidur adalah bagian dari siklus kehidupan. Bagi orang dewasa ketika orang dewasa tidak mendapatkan cukup tidur maka yang dirasakan adalah bisa jadi mereka akan Limbung atau grogi rewel maupun lelah. Ketika kurang cukup tidur konsentrasi akan menurun dan lebih rentan terhadap infeksi suatu penyakit. Seperti halnya orang dewasa anak-anak juga begitu. Anak-anak sangat perlu mendapatkan Tidur yang cukup anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur daripada orang dewasa dan sangat dianjurkan bagi anak-anak untuk tidur siang.

Anak kurang tidur, dihawatirkan itu akan menyebabkan anak-anak itu bermasalah dengan perilakunya menjadi sangat rewel dan murung. Dikhawatirkan juga tentang menurunnya prestasi mereka di sekolah dan menjadi kurang konsentrasi saat menerima pelajaran karena mereka kelelahan. Itulah mengapa sangat penting sekali untuk mengajarkan ke anak-anak kebiasaan pola tidur yang baik sejak usia dini.

Mengapa anak-anak itu perlu Tidur yang cukup?

jam tidur
Jika anda adalah orang tua baru, mungkin Bunda sekalian bertanya-tanya Mengapa bayi saya tidur begitu banyak? Dan nyatanya dari penelitian yang ada telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup adalah bahan bakar utama untuk maksimalnya pertumbuhan fisik.

Ilmu pengetahuan berkembang sangat kompleks sekali. Namun untuk maksimalnya pertumbuhan manusia kunci utamanya adalah hormon pertumbuhan. Ini disekresikan oleh kelenjar hipofisis. Ada banyak faktor yang mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan ini. Namun bagi anak-anak, tidur yang cukup adalah 1 hal yang mempengaruhi maksimalnya produksi hormon pertumbuhan ini. Pada anak-anak periode simal saat hormon pertumbuhan ini dilepaskan adalah saat mereka tidur dengan baik.

Bahkan para peneliti telah memperhatikan hubungan yang kuat antara ledakan pertumbuhan bayi dan tidur. Bayi cenderung tidur lebih Mak lama atau lebih banyak mengantuk ketika mereka akan memiliki percepatan pertumbuhan.

Untuk orang dewasa maupun anak-anak tidur akan mempengaruhi proses kognitif. Kita akan menjadi lebih mudah marah dan kurang toleran ketika kita tidak mendapatkan cukup tidur. Sam seperti halnya mobil yang membutuhkan tune up, kota juga memerlukan tidur untuk mengisi bahan bakarnya. Meski para ahli tidak 100% yakin, tapi mereka percaya bahwa otak yang menyimpan informasi tentang segala sesuatu yang anda lalui akan berganti bahan kimia dan menyelesaikan masalah ketika tidur.

Otak mentune dirinya sendiri ketika manusia yang sedang tidur. Mimpi Mungkin ada hubungannya dengan itu meskipun para ahli tidak benar-benar yakin. Tapi kita tahu bahwa ketika kita bermimpi otak menjadi sangat aktif. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa mimpi itu membantu otak untuk mengatur ulang dan menyimpan informasi psikologi dari hari-hari anda. Sedangkan para ahli yang lain berpendapat bahwa mimpi adalah proses kliring out untuk otak untuk membantu mengisi hari-hari berikutnya.

Apapun alasannya semua anak perlu tidur secara cukup hal ini diharapkan agar mereka dapat tumbuh dengan maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak akan cukup rewel dan mudah marah ketika mereka tidak mendapatkan cukup tidur. Beberapa anak bahkan sudah marah-marah ketika mereka merasa lelah

Alasan lain bahwa anak-anak itu perlu cukup tidur adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Ketika kita tidak sakit, t-cell turun dan inflammatory sitokin meningkat. Yang berarti anda lebih mungkin untuk menangkap virus virus seperti pilek atau flu. Pada dasarnya bisa menekan sistem kekebalan tubuh.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki masalah tentang pola tidur mereka secara terus menerus seperti mereka sulit tidur atau sulit terlelap tidur lebih mungkin mengalami depresi dan gangguan kecemasan di kemudian hari. Anak-anak dengan tipe seperti ini juga lebih mungkin untuk menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya ketika mereka ada dalam masalah. Masalah tidur pada anak-anak juga terkait dengan hal yang menyebabkan perilaku agresif serta masalah pembelajaran dan memori.

Sebenarnya Berapa banyak sih waktu tidur untuk anak yang diperlukan untuk tumbuh maksimal?

Pada peneliti tentang Berapa banyak jam tidur yang anda butuhkan maka mereka akan memberi tahu bahwa tidak ada angka pasti. Namun ada berbagai ring jam tidur malam yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada usia mereka setiap anak adalah unik dan memiliki kebutuhan tidur yang berbeda juga. Beberapa anak memerlukan tidur lebih banyak dan yang lain mungkin memerlukan tidur yang lebih sedikit. Tetapi anak-anak membutuhkan banyak tidur bahkan lebih dari yang anda bayangkan.

Kadang-kadang peran orang tua juga bisa mengajukan kebiasaan tidur anak-anak mereka. Mereka menolak untuk membiasakan anak mereka:tidur siang atau menolak untuk pergi tidur sebelum jam 09.00 atau 10.00 malam dengan dalih bahwa anak-anak itu membutuhkan tidur yang lebih sedikit. Tapi para ahli percaya bahwa anak-anak dapat menjadi hiperaktif pada waktu tidur karena kekurangan tidur ini disebabkan karena kelelahan.

Sebagai orang tua untuk mengoreksi Apakah anak Anda tidur dengan cukup atau tidak adalah dengan memperhatikan perilaku anak anda. Apakah faktor yang perlu diperhatikan sebagai indikasi anak tidur dengan cukup atau tidak?
1. Anak saya bertindak marah, rewel atau terlihat lelah di siang hari?
2. Apakah dia sering tertidur Saat kita sedang mengendarai mobil?
3. Apakah saya selalu harus membangunkannya hampir setiap pagi? (tidak bisa bangun sendiri)
4. Jika jawabannya adalah Iya untuk tiga pertanyaan di atas hal ini mungkin berarti bahwa anak Anda perlu mendapatkan lebih banyak jam tidur di malam hari. Dan perlu lebih mengembangkan kebiasaan tidur yang baik termasuk waktu tidur yang tepat dapat membantu anak untuk mendapatkan Tidur yang cukup yang berguna bagi kesehatan fisik maupun psikologis nya.

Meskipun para peneliti tidak bisa menentukan takaran yang pas berapa Jam sih waktu tidur untuk anak-anak itu harusnya. Tapi di sini ada patokan yang banyak ahli tidur telah menyepakati bersama. Menurut National sleep Foundation anak-anak umumnya membutuhkan jumlah tidur sebagai berikut:

Bayi dari baru lahir hingga 2 bulan: Rata-rata memiliki jam tidur yang baik antara 12 sampai 18 jam perhari. Banjir mempunyai periode tidur yang lebih pendek pada suatu waktu mungkin antara 2 jam sampai 4 jam di antara waktu dia menyusul menyusui. Mengapa bayi baru lahir membutuhkan lebih banyak tidur tidur mereka tidak beritme? karena bayi baru lahir belum mengembangkan ritme sirkadian atau yang biasa disebut jam biologis internal kebiasaan tidur mereka tidak diatur oleh siang atau malam atau per hari siklus kebiasaan tidur mereka biasanya tidak memiliki pola tapi mereka menghabiskan sebagian besar Waktu mereka untuk tidur dan tentu saja makan atau menyusui.

next>> Manfaat membaca kan buku bagi balita