Manfaat membaca kan buku bagi balita

bayi membaca

Ketahui bersama bahwa manfaat membaca itu sangat banyak sekali. Membaca bisa menambah pengetahuan. Namun belum semua rentang usia bisa membaca. Usia dini misalnya mereka belum mengenal huruf dan Kosakata nya pun juga belum banyak Jadi mereka belum bisa membaca. Tapi orang tua jangan terlena Disini… Orang tua harus tetap membacakan buku kepada anak sebanyak-banyaknya. Kebanyakan orang tua menganggap anaknya belum mengerti apa yang dibacakan untuknya, padahal banyak para ahli yang menganjurkan orang tua untuk memulai membacakan buku ketika anak masih balita bahkan ketika anak masih dalam kandungan. Mungkin hal ini hal yang sederhana tapi hal ini sangat berpengaruh bagi perkembangan anak. Sebenarnya apa saja sih manfaat membacakan buku pada anak? Yuk kita bahas satu persatu.

Membacakan buku untuk balita

Untuk balita yang belum lancar berbicara bisa membantu mereka untuk mengenal bahasa serta mempercepat perkembangan bahasanya.

Mengajarkan anak-anak cinta membaca di usia dini dengan audio books

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anak-anak itu sangat senang mendengarkan cerita. Memberikan buku kepada anak-anak memang bisa dilakukan, tapi harus dipastikan kalau buku itu dibaca. Dance tidak semua anak-anak sudah bisa membaca makanya Di sini perlu peran orang tua untuk membacakan buku yang ada. Memberikan audiobooks kepada anak-anak bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang bijak. Audiobooks itu apa sih? Itu berupa rekaman yang membaca semua teks dari sebuah buku. Biasanya misalnya yang dibaca adalah buku cerita, audiobox disertai juga dengan efek suara yang menambah menarik cerita tersebut. Dengan mendengarkan rekaman dari sebuah buku maka hal ini akan membantu anak-anak untuk bisa menikmati isi bacaan buku tersebut. Karena membacanya dilakukan dengan cara yang lebih ekspresif dan lebih jelas sehingga menarik bagi anak-anak. Dibandingkan memberi anak buku kemudian dibaca dengan cara biasa tentu penggunaan audiobooks bisa menjadi nilai tambah tersendiri ini juga sebuah PR bagi para orang tua agar tidak hanya memberikan buku saja kepada anak tapi juga belajar bagaimana menceritakan buku kepada anak. Tentunya dengan gaya cerita yang baik. Belajar tentang ekspresi dan intonasi sebuah bacaan

Manfaat audiobox bagi anak-anak

Dalam versi audiobox kebanyakan disertai iringan musik dan narator cerita yang membantu anak-anak untuk memahami isi sebuah cerita. Hal ini juga bisa menjadi sebuah stimulasi agar anak-anak belajar untuk berfikir lebih kritis. Penggunaan musik bisa membuat mereka lebih rileks ketika mendengarkan cerita dan yang penting adalah menjadikan mereka tidak mudah cepat bosan dengan bacaan yang sedang dibacakan kepada mereka. Jadilah rahasia umum bahwa anak-anak itu cepat bosan, terutama jika anak-anak dihadapkan dengan segala hal yang bukan minat mereka. ini merupakan PR besar kita bersama. Contohnya jika kita memberikan buku cerita kepada anak-anak kebanyakan anak-anakan cepat bosan ya jika tidak menemukan gambar-gambar yang menurut mereka menarik. Makanya kebanyakan buku anak-anak itu adalah buku yang bergambar warna-warni. Arti ensiklopedia Aku ingin tahu mengapa contohnya.. Ensiklopedia dari grolier​ yang punya gambar berwarna-warni.

Ensiklopedia dari Grolier yang saya punya yaitu Ensiklopedia aku ingin tahu mengapa yang saya beli online di toko www.bukuanakcerdas.org

 Rasa bosan tersebut bisa diusir dengan audiobox. Terutama ketika suasana saat mendengarkan audiobooks itu sangat kondusif yaitu ketika mereka sedang rileks dan di ruangan yang nyaman. Tentu saja pengalaman dalam menggunakan audio box menjadi pengalaman yang baru bagi anak-anak.. Adapun fungsi lainnya dari audiobox itu juga bisa dimanfaatkan untuk melatih anak-anak melafalkan kata tertentu dalam bahasa asing karena kebanyakan audiobooks dilengkapi dengan transkrip pendukung dan dilakukan oleh native speaker. Salah satu contoh audiobooks dengan electronic pen yakni talking English grolier. Talking English grolier dirancang sedemikian hingga untuk membantu anak anak dari usia dini belajar bahasa Inggris. Caranya cukup mudah yakni hanya dengan menempelkan ujung pena elektronik ke buku, maka penanya akan bisa membaca buku secara otomatis. Vena dirancang dengan suara yang jernih dan tampilan yang menarik jadi anak-anak akan suka..

Untuk perkembangan audiobox sampai saat ini cukup pesat. Konsumen diberikan banyak pilihan diantaranya dengan memanfaatkan gadget yang ada untuk digunakan sebagai player audiobook. Dan kebanyakan audiobox dirilis dengan format yang cukup mudah seperti MP3 dan wave yang bisa dengan mudah di upload dan di download via internet dengan berbayar maupun gratis.

Mau mencoba audiobooks untuk Buah Hati?

next>> Warisi kecintaan membaca pada anak-anak